Thursday, May 17, 2012

Let's be a Changemaker!

Kali ini gue bakalan pake Bahasa Indonesia biar pesennya bisa lebih 'nyampe'. FYI, ini bakalan jadi post yang SERIUS. Jadi please banget, baca baik-baik buat yang berkenan baca. :)



Short story, kemaren-kemaren gue join di situs www.global-changemakers.net setelah baca buku 'dream catcher' karangan Alanda Kariza. I must admit, that she's inspire me A LOT. Gue sering 'ngangguk-ngangguk' sendiri pas baca buku itu. Banyak banget cerita-cerita menarik dan sangat menginspirasi yang dia share disitu yang bikin gue akhirnya mencoba join di situs Global Change Maker. Dan diluar dugaan gue, ternyata banyak juga GCM dari Indonesia. Gue coba liat-liat projectnya dan gue tertarik sama satu project yang namanya 'Strawberry Generation? Call us Changemaker'. Jadi, Strawberry Generation itu istilah yang terkenal di Asia dalam dekade yang lalu untuk mengembalikan kembali generasi muda yang manja, yang apatis sama keadaan sosial sekitar. Gue emang sengaja memilih project di area Indonesia or at least ada senior yang dari Indonesia. Karena gue ngerasa masih 'junior' banget dalam hal ini sekalian gue mau tanya-tanya dulu cara kontribusi ke project itu.

Di project itu gue kenal Kak Disty Winata. Dia mahasiswa Indonesia yang kuliah di jurusan Health Sciences di Universitas Simon Fraser Canada. Gue message dia tanya-tanya dikit tentang GCM dan I was so surprised because she was actually so nice to me.

Sebenernya udah dari dulu gue pengen ikut kegiatan yang bersifat sosial dan membawa perubahan yang lebih baik buat bangsa ini. Gue cerita ke Kak Disty, kalo sebenernya gue punya ide buat bikin pergerakan perubahan lewat komunitas blogger. Atau, minimal bikin charity buat bantu sodara-sodara kita yang kurang mampu. 

Setau gue, belum banyak event blogger yang memuat tema perubahan buat bangsa. Kebanyakan dari mereka ngadain event gathering, atau yang fashion blogger mungkin bikin garage sale semacem itu. Yang gue pengen usulin disini, kenapa nggak kita sisipin 'nilai sosial' di event-event kita itu? Karena menurut gue, kebanyakan blogger umumnya dari kalangan menengah ke atas dan I think it was a right target. 

Buat yang bingung, gimana kita mau mengubah dunia? Gimana kita bisa kasih kontribusi buat kemajuan bangsa? Gimana kita bisa bantu sodara sebangsa kita yang kurang mampu? Come on guys, gue juga nggak tau jawaban dari itu semua. Karena itu kita bisa berkumpul, kita diskusiin bareng gimana cara buat mewujudkan itu semua.

Pernah nggak sih lo kenal orang yang dalam kesehariannya nggak pernah peduli sama kegiatan akademisnya? Yang nggak mau berusaha buat belajar tapi maunya dapet IP bagus? Atau orang yang super-selfish, yang cuma peduli sama kehidupan pribadinya aja? Kegiatannya sehari-hari pacaran, jalan-jalan, nggak mau belajar, dan apatis sama lingkungan sekitar?

C'mon guys! Kita generasi muda. Kita berpotensi besar buat mengubah bangsa ini jadi lebih baik. It's fine to living your teenage-world, but we have to convince ourself that the future of Indonesia is on our hand. Ini saatnya kita bangkit dari 'enjoy zone' kita dan ikut berkontribusi dalam perubahan bangsa. 

To be honest here, sebenernya gue ngerasa kalo membuat kebahagiaan untuk orang lain itu adalah hutang kita terhadap Tuhan. Karena actually, tujuan hidup kita adalah kebahagiaan. Dan menurut gue, dengan membahagiakan orang lain itu bakalan jadi double happiness buat diri kita sendiri.

Jadi, inti dari post ini adalah gue ngajakin kalian buat bikin event changemaker di komunitas blogger. Dari dulu sebenernya spesialisasi gue itu adalah "idea maker". Dan karena nggak mungkin juga kalo gue handle semua ini sendiri, jadi gue butuh bantuan kalian guys. It's time for us to be a changemaker demi kemajuan bangsa kita. Jadi gue open banget buat yang mau ikutan join bikin event ini terwujud. Buat lo yang tertarik gabung, atau ya mungkin sharing tentang pendapat kalian tentang masalah ini, kalian bisa email gue di kelimutu.rizki@gmail.com

PS!
Please, bantuin buat share post ini. Let more ppl know about this project would really help.

42 comments:

  1. Replies
    1. thank you darling for giving sucha supportive response. I love the way we discuse it on twitter last night. I hope it will happen. amen! =)

      Delete
  2. Amazing ideas!

    May I join?
    I'm so far from you guys all..
    Distance is a big problem for me. hehehe

    how?

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you Aul. ^^ ofcourse you can.
      nah, it's the main problem. I was think about how to solve it. Maybe we can discuse it further via twitter. ;)

      Delete
  3. nice post and thank you for sweet comment :)

    ReplyDelete
  4. great post honey, i really love it!!
    nice to meet your blog!!

    xx

    ReplyDelete
  5. Gimana yaaa. Gua gabakat sama yang ginian. Ngelakuin hal-hal sosial itu menurut gua sih penting. Tapi gua beneran gabisa ngelakuin gini. Pengen sih... tapi gua gapunya waktu-_- oke, gua emang apatis. Dan... yang mau gua tanya, mau ngubah apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. to be honest here, ini juga yang pertama buat gue. bahkan gue juga sempet mikir "kok gue kurang kerjaan banget ya ngurusin ginian?". tapi hati kecil gue bilang kalo setidaknya gue harus act now, sebelum ide itu cuma muncul dan menghilang dari pikiran gue.
      okay, ngubah apa? gue tau mungkin project ini clueless. that's why I need your opinion & support, kita sharing bareng ide kita dan gabungin jadi satu. karena sebenernya banyak banget yang bisa kita ubah, setidaknya mengubah senyum datar mereka jadi senyuman lebar.. :)

      Delete
  6. Nice post! Love it :)

    Cheers,
    Karina Dinda R. ♥
    BLOG | TWITTER | SHOP

    ReplyDelete
  7. What a GREAT IDEA!!
    Thanks dear for posting this, I'll repost this as soon as I can.
    Distance is a main problem I think.
    Jiwa sosial harus di tumbuhkan dr masih muda, rite? :)

    Http://www.mywhisperingstyle.co.cc
    Regards,
    Fahmy Haryandi, "The Whisperer"

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks Fahmy.. yeah, it's a main problem. but the social-media idea itself is a great choice. because it will obtain more ppl.
      I'd like to received your email and heard your idea. I've reply it already. have a check! ;)

      Delete
  8. if i may suggest, it'd be better to firstly make a forum, a place, a group, a site, or anything where we can easily discuss further forward. and the person above me got some point, while gathering people, decide quickly what the first move would be.

    second, fund. why not build an online business? we could then allocate the money we got to the social thingie.

    just contact me anytime, i'd gladly help anything I could.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks for the suggestion. That's what I really need here.
      the forum idea is great. I think about to make a new blog or facebook group maybe for gathering people who interested to join.
      Sorry, I don't really get what you mean. Who will make the online business then?
      thank you for being supportive. :)

      Delete
  9. Kunjungan MaLam,, Blog walking sob . http://walfchild.blogspot.com/2012/05/mengatasi-nokia-e63-yang-hang.html . :(

    ReplyDelete
  10. wahhh sob info nya sangat membantu nih.... ^_^

    oya sob kamu udah aku follow#197
    di tunggu folloback nya yah.. ^_^
    oya sob sedikit info..
    bagi agan2 yang suka dunia photografi dan design mampir ajah ke blog ku..

    edho-photowork.blogspot.com

    di sana agan2 semua bisa belajar menjadi photografer dan desing profesional...

    salam kenal semua ^_^

    ReplyDelete
  11. I maybe not joining.. But I will spread this news in my blog asap :)

    ReplyDelete
  12. halo cantik
    aku mau dong gabung
    aku dari dulu juga pengen banget bisa terlibat kegiatan2 sosial gitu
    yang hasilnya bisa membawa perubahan, meskipun hanya sedikit
    mudah2an bisa terwujud yaaa :)
    yuk ah ngumpul2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah! sesuatu yang besar kan dimulai dari yang kecil dulu. :)
      seneng deh banyak yang dukung. Iya, super amin!
      aku contact kamu kalo udah ada further info ya dear. ;)

      Delete
  13. aaa you rawk mbak! \m/ (?)
    iya aku juga nanggepannya begitu._. #nooffense ya, kayak yang contoh tadi effent garage sale yang di adain para fashion blogger, itu kan yang beli juga para blogger yang kalangan menengah keatas._. dan intinya cuman buat gattering :/ bukannya lebih baik ya kalo misal baju2 nya itu di sumbangin aja (kayak bakti sosial gitu) ke orang2 yang butuh baju._. atau di jual murah :/ selain bisa gattering juga kan bisa mbantu juga :D lagian menurutku sih kalo di jual kembali ke fashion blogger lain/ blogger2 lain, mereka kurang butuh :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. you got the point, dear..
      it's okay to hold a garage sale or gathering. but it must be even better kalo ada unsur socialnya gitu. :)

      Delete
  14. Hello dear :)
    Membaca postinganmu yang satu ini membuatku inspire. Aku daridulu ingin banget join the changemakers dan semacamnya, tapi karena keterbatasan waktu, aku jadi mengurungkan niatku ini.
    Ehm, dan dari postingan ini km memotivasiku untuk ikut berpartisipasi dalam hal ini, may I join dear ? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Inez.. ^^
      glad to know that many ppl interest to join and support it actually. Of course you can. I'll contact you if there's any further development about this event. ;)

      Delete
  15. i'm interest with your idea
    may i join dear????
    gimana nih gimana caranya *semangat*

    ReplyDelete
  16. hai darling. just found this :D
    i want to join :D
    pernah mikirin ide buat kegiatan sosial juga, cuma belum bisa dilakuin :D
    mungkin kita bisa sharing more, and saling tuker pikiran. it will be nice. i'm gonna follow you yah dear <3
    supaya kita bisa ngobrol soal ini lebih banyak <3

    http://degeeekyshinly.blogspot.com/

    ReplyDelete
  17. I would like to join too dear.
    Unfortunately I'm out of our country.
    but it's a big idea! and it's really great :D
    semoga bisa terwujud yaaa!
    amiiiiinnnn!

    GO GIRL!

    ReplyDelete
  18. Hello! After visiting your blog, I invite you to join us in the "International Directory Blogspot"
    For this is the very simple, just follow our blog, enter your Country, your blog url, and you will automatically integrate into the Country list.
    We are fortunate to be on the Blogspot platform that offers the opportunity to speak to the world to share with us the different passions, fashion, paintings, artwork, photos, poems and so be able to find in other countries people with similar passions.
    I think this community could also interest you.
    Please follow our blog is very appreciate
    Have a great day with the hope that you follow our blog "Directory".
    After your approval to join us, you will receive your badge
    Regards
    Chris
    I follow you blog
    To find out, click on the link below:
    http://world-directory-sweetmelody.blogspot.com/

    ReplyDelete
  19. arnold teja's tweet brought me here! :)aku sudah kirim email btw,plase kindly read! :D

    ReplyDelete
  20. hai kelimutu, i know this interesting post from lisa's blog hehe. I am following u now :D
    aku tertarik bgt sama global changemakers ini karena selain bs menumbuhkan kepekaan sosial,kita jg bisa tambah temen, dan as you said kita bisa membahagiakan org lain.
    Okay,i will email you soon,dear!

    spoonafternoon.blogspot.com :D

    ReplyDelete
  21. I found this great post from Cindy Tanuwijaya's Blog!
    I want to join to be the Global Changemaker. Is there something I can do here?
    Tell me abt your project dear, email me its_evelyn@ymail.com or you can follow me at @evelynzone :D

    Stay Pretty,
    Evelyn.
    http://imbrowneyedgirl.blogspot.com/

    ReplyDelete

Feel free to spread your thought here..